Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10, No 1 (2021)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Rizqy Rizal Fanani (IAIN Tulungagung)
Achmad Patoni (IAIN Tulungagung)
Adi Wijayanto (IAIN Tulungagung)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan media pembelajaran oleh guru pada materi Isra’ Mi’raj di MIN 7 Tulungagung maka penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk : (1)menghasilkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi android mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. (2) mengetahui produk valid dan keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi android. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan. Prosedur pengembangan produk terdapat 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam menggunakan Coreldraw, Kinemaster, smart apps creator sebagai aplikasi pembuat aplikasi android, dan Lexis audio editor sebagai editing audio (suara). Produk media berbasis webseries telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi dengan presentase 87%, 93,7% dan 92,1% dengan kriteria sangat layak, ahli media diperoleh rata-rata presentase nilai 87,5%, 89,1% dan 83,6% dengan kriteria “layak”. (2) Keefektifan produk media untuk mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis aplikasi android diperolah dari meningkatnya hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...