Jurnal Komputer Terapan
Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal Komputer Terapan

RANCANG BANGUN APLIKASI SIMULASI 3D PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DESKTOP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 BUKIT BATU)

Meilany Dewi (Politeknik Caltex Riau)
Meiri Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Elastisitas zat padat, fluida statik, fluida dinamik, dan termodinamika merupakan empat materi yang diajarkan pada pelajaran fisika untuk siswa SMA kelas XI. Berdasarkan hasil wawancara, metode konvensional dengan bantuan media konvensional masih menimbulkan kesulitan dikarenakan keterbatasan informasi, serta kurangnya alat peraga untuk menunjang pembelajaran. Sehingga diperlukannya suatu media pembelajaran baru yang dapat menjelaskan materi fisika secara interaktif dan dipergunakan sebagai alternatif media pembelajaran baru untuk membantu siswa dalam memahami materi. Oleh karena itu, akan dibangun sebuah aplikasi pembelajaran tentang fisika dengan materi elastisitas zat padat, fluida statik, fluida dinamik dan termodinamika berbasis desktop yang akan menampilkan simulasi penerapan dan materi tersebut. Aplikasi ini telah berhasil dibangun dengan fungsionalitas yang berjalan baik serta materi yang tervalidasi untuk membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan dengan diperolehnya peningkatan yang lebih unggul dibandingkan media konvensional, yakni 21,33% untuk elastisitas zat padat, 14% untuk fluida statik, 16% untuk fluida dinamik, dan 19% untuk termodinamika. Serta dapat dijadikan alternatif media pembelajaran interaktif untuk guru dalam menyampaikan materi yang disajikan dengan diperolehnya hasil pengujian kepuasan sebesar 89,21% dengan kategori sangat baik serta pengujian usabilitas sebesar 73,20% yang menunjukkan aplikasi telah bersifat acceptable.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkt

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Applied Computer Journal Articles from various fields in Informatics, Information Systems and Computer science. Topics included, 1. Informatics 1.1 Software Engineering 1.2 Multimedia 2. Information Systems 2.1 Soft Computing 2.2 Business Analyst 2.3 Data Engineering 3. Computer science 3.1 ...