cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Komputer Terapan
Published by Politeknik Caltex Riau
ISSN : 24434159     EISSN : 24605255     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komputer Terapan e- ISSN : 2460-5255 (Online) p- ISSN : 2443-4159 (Print). Jurnal Komputer Terapan is scientific journal with a standard Indonesian-language format that covers Informatics Engineering, Information System, and Computer Engineering. Journal Komputer Terapan is published twice a year in May and November.
Arjuna Subject : -
Articles 130 Documents
Implementation of Search Engine Optimization Techniques In Increasing Traffic of the Bima Utomo Waterpark Website Sinaga, Tantri Hidayati; Hadinata, Edrian
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Komputer Terapan Mei 2019
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35143/jkt.v5i1.2514

Abstract

Today's business people have generally used information technology for business activities, one of which is the use of a website as a medium to facilitate the promotion of business activities to a wider market. There are many ways that business people can use to promote the website pages they have for potential customers, the common methods used include using email blast, advertising using third party services, the use of social network media and media blog. One very effective way is to utilize search engine optimization techniques, this is because internet users often search for information through search engines like Google. Search Engine Optimization (SEO) is a series of processes carried out systematically and aims to increase the volume and quality of traffic visited by search engines to certain websites by utilizing the search engine algorithm, which is called PageRank. The purpose of SEO is to place a website on the top position of search results based on certain keywords targeted. This research will apply SEO techniques to increase the number of visitors to the Bima Utomo Waterpark website through the Google search engine. The results of this study are expected to increase the popularity of the Bima Utomo Waterpark website.
Analisa Kepribadian Pengguna Facebook Menggunakan Algoritma Support Vector Machine fahmi, belladina; Wibowo, Ardianto; Hajar, Dewi
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Komputer Terapan Mei 2019
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35143/jkt.v5i1.2259

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat banyaknya muncul media sosial yang salah satunya adalah Facebook. Dengan adanya Facebook, pengguna dapat saling bertukar informasi dan berinteraksi tanpa harus bertemu. Pada Facebook, pengguna dapat mengunggah status tanpa adanya batasan unggahan. Dari status Facebook pengguna dapat diketahui kepribadian seperti apa yang dimiliki oleh pengguna. Akan tetapi menganalisa kepribadian secara manual kebenarannya tidak bisa diketahui. Untuk menangani hal ini dibuatlah sebuah sistem yang dapat menganalisa kepribadian pengguna Facebook berdasarkan status yang pernah diunggahnya. Dari status Facebook pengguna dapat diambil informasi dengan menggunakan Facebook API dan mengolahnya menggunakan text mining. Setelah diolah status tersebut di kelompokkan menggunakan algoritma Support Vector Machine. Algoritma ini termasuk kedalam supervised learning dan merupakan metode klasifikasi yang menggunakan fungsi linear untuk mendapakan hasil yang terbaik.Hasil keluaran dari sistem ini berupa kepribadian Ekstrovert dan Introvert berdasarkan status yang pernah dibuat sebelumnya untuk menjadi tolak ukur oleh pengguna Facebook tersebut. Dari 158 data status Facebook didapatkan hasil pengujian sebesar 83,3% dari hasil perbandingan antara pengeluaran sistem yang dibuat dengan sistem yang telah ada. Pada pengujian black box didapatkan hasil 100% sistem dapat berjalan sesuai fungsinya. Sistem ini telah diuji kebergunaannya berdasarkan hasil kuesioner pada 50 orang pengguna Facebook sebesar 90,45%.
Pengembangan Aplikasi Manajemen Turnamen XiangQi Sistem Knockout dan Round Robin PEXI Jambi Sari, Cynthia Navela; Istoningtyas, Marrylinteri; Borroek, Maria Rosario
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Komputer Terapan Mei 2019
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35143/jkt.v5i1.2487

Abstract

PEXI (Persatuan Xiangqi Indonesia) Pengprov Jambi is a united organization for XiangQi athletes especially in Jambi Province. Today, XiangQi tournament system in Jambi has used tournament management application, however it is just limited on Swiss Tournament System. That’s why if the tournament is held with other systems, which are Knockout and Round Robin, the management still uses manual method in determining the tournament pairing and calculation of player’s point. Since the calculation is still done manually, so there are mistakes in calculation player’s points and there are frequently deceptions in determining tournament pairing. Besides, the old application interface is needed to be upgraded in order to be more user-friendly to be used. Therefore, we require a development in system with complete tournament systems and more user-friendly interface to be used..
Pengembangan Sistem Business Intelligence untuk Analisa Pola Tindak Pidana di Pengadilan Negeri Pekanbaru mulyani, dea pricillia; wibowo, ardianto; Qudsi, Dini Hidayatul
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Komputer Terapan November 2018
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The District Court is an agency that handles criminal offenses in Pekanbaru. Based on the results of an interview with the Registrar's Office of Law, it is known that the Pekanbaru District Court reported and analyzed cases regarding the criminal acts of the Police and Prosecuting Office, where it was required to report criminal acts. Therefore, a website-based Business Intelligence (BI) system is built to process criminal data that is visualized into dashboards to support the Legal Registrar in obtaining criminal patterns that occur in Pekanbaru, and allows evaluating the internal performance of the Pekanbaru District Court, using the CI framework and use the PHP programming language. Based on UAT testing the function on the system has been successfully built and running well, usability testing results with a questionnaire to the Registrar's Office of Law, showing that the system is 94% easy to use, 91% studied, 95% useful, and 88% satisfying. And system efficiency found that the measurement of performance levels on web pages based on certain aspects get a percentage of 67% and the time needed to load a web page is a percentage of 70%.
Aplikasi Fuzzy Logic Memprediksi Intensitas Cahaya Lampu Pada Kandang Ternak Ayam Broiler Pamungkas, Catur Singgih Satrio; Manehat, Donatus Joseph; Mau, Sisilia Daeng Bakka
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Komputer Terapan Mei 2019
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35143/jkt.v5i1.2137

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan bidang peternakan besar, hampir setiap penduduk di Indonesia adalah peternak ayam, sapi, kambing terutama ayam Broiler. Di kota Kupang, NTT ayam Broiler sangatlah diminati oleh masyarakat sebagai ayam ras pedaging. Dalam pemeliharaan, ayam Broiler perlu perawatan khusus karena ayam Broiler rentan terhadap penyakit sehingga pertumbuhan ayam akan terhambat, faktor-faktor seperti suhu dan kelembapan udara juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam. Masalah yang dihadapi ialah pada masa brooding para peternak masih sering meduga-duga kondisi suhu dan kelembaban udara dalam kandang. Sehingga peternak memberikan intensitas cahaya lampu yang kurang tepat, dapat menurunkan jumlah produksi dan kualitas serta menambah resiko kerugian selama pemeliharaan. Oleh karena itu, permasalahan dapat diatasi dengan cara menggunakan aplikasi fuzzy logic. Dalam penelitian ini, metode fuzzy logic yang digunakan adalah metode Mamdani dengan metode Mean of Maximum (MOM) untuk defuzzifikasinya. Sedangkan tool yang digunakan untuk membangun aplikasi adalah Macromedia Dreamweaver 8. Aplikasi fuzzy logic pada kandang ternak ayam Broiler berhasil dikembangkan dan menghasilkan output intensitas cahaya lampu secara akurat dan tepat sehingga sangat membantu para peternak untuk mendapatkan hasil yang optimal. Hasilnya dapat ditampilkan pula berdasarkan kecamatan dalam bentuk grafik.
Segmentasi Tingkat Pemakaian Material dengan Data Mining Clustering Azwanti, Nurul
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Komputer Terapan November 2018
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Technology that plays an active role in human activities is communication technology that we can find on mobile devices or computers that have internet access. PT. Telkom Akses Kantor Telkom Marina is a subsidiary of PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) commonly called Telkom Indonesia or Telkom which is the largest information and communication company and telecommunications service and network provider in Indonesia. Located in the Riau Islands region, precisely Batam City provides job services for Installing New Channels (PSB) such as installation of internet, telephone, cable TV, and maintenance in fiber optic networks both in residential areas, buildings, shop houses and malls with distribution of Sagulung, Lubuk Baja and Batam Center. PT. Telkom Telkom Akses Kantor Telkom Marina has difficulty in meeting the minimum stock of each material based on the request for use of the distribution area. From the data on the use of existing material, it is only used for recording material usage only, while stored data is never reprocessed. Evaluation of segmentation / mapping is very important to find out whether the needs really have been met. The results of this study are expected to be able to cluster data on material usage data and the use of the K-Means method to provide results overview for material usage segmentation. The goal is for companies to be able to do and increase inventory of materials that are often ordered for each region. Keywords: segmentation, usage, material, k-means
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran 3D Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera dan Protista Berbasis Desktop untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bachrum, Hazimah Fatin; Edy Suranta G.S, Sugeng Purwantoro; Lestari, Indah
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Komputer Terapan Mei 2019
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35143/jkt.v5i1.2127

Abstract

Kingdom Monera dan Protista merupakan bagian dari materi pelajaran klasifikasi makhluk hidup yang diajarkan pada mata pelajaran biologi kelas VII SMP. Alat konvensional yang digunakan dalam penyampaian saat belajar yakni berupa gambar dan hewan yang diawetkan (untuk kingdom animalia). Kingdom Monera dan Protista merupakan makhluk mikro yang hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Namun berdasarkan hasil pra riset, sebesar 54,3% guru menyatakan bahwa siswa belum mendapatkan materi pembelajaran untuk melihat makhluk mikro dengan mikroskop. Sehingga diperlukan alternatif media pembelajaran yang dapat memperlihatkan objek makhluk mikro tanpa menggunakan alat mikroskop. Untuk memudahkan dalam pemahaman materi, maka penyampaian materi dapat digabungkan dengan teknologi multimedia sebagai alternatif media pembelajaran. Oleh karena itu pada proyek akhir ini dirancang sebuah aplikasi pembelajaran klasifikasi makhluk hidup kingdom Monera dan Protista berbasis desktop. Berdasarkan pengujian manfaat yang telah dilakukan pada aplikasi ini didapatkan perbandingan antara belajar konvensional dan menggunakan aplikasi sebesar 30,8% : 65,7%, menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi dapat meningkatkan pemahaman sebesar 34,9%. Serta berdasarkan pengujian usabilitas didapatkan nilai sebesar 72,6% tingkat acceptable, menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun sudah layak untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa lebih memahami konsep pelajaran klasifikasi makhluk hidup kingdom Monera dan Protista menggunakan aplikasi
Implementasi Multi Server Data Storage Pada Cloud Computing Huang, Jasnica; Fitrisia, Yuli; Fadhly Ridha, Muhammad Arif
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Komputer Terapan November 2018
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan akan informasi yang selalu up-to-date dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja semakin meningkat. Hal ini menyebabkan perlu adanya layanan cloud berupa data storage yang high availability. Dengan adanya high availability, dapat membantu mengurangi terjadinya kegagalan server. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut, yaitu mengimplementasikan multi server data storage. Implementasi yang dilakukan menerapkan beberapa teknik seperti data replication, load balancing dan failover. Data replication menggunakan GlusterFS, load balancing menggunakan HAProxy dan failover menggunakan Heartbeat. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa rata – rata data berhasil di unggah 84.5 % dan di unduh kembali 100% dari data storage. Hasil keberhasilan metode failover didapatkan rata – rata keberhasilan 66.67% dalam melakukan peralihan meskipun salah satu server mengalami kegagalan, lalu penyebaran request dibagi secara merata 50:50 oleh load balancing. Sementara itu, performansi server menunjukkan bahwa delay pada layanan dikategorikan dalam “Sangat Bagus” dan throughput dikategorikan dalam “Bagus”. Kata kunci: data storage, high availability, data replication, load balancing, failover.
Perancangan dan Implementasi Pengatur Suhu Air Mandi Otomatis Berbasis Android: Android, Raspberry Pi, Air, Suhu Yani, Junia Indah; Surya, Ibnu; Akbar, Memen
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Komputer Terapan November 2018
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaturan suhu pada wadah penampungan air mandi saat ini masih dilakukan secara manual dimana pengguna hanya bisa melakukannya saat berada di rumah. Hal ini membuat proses pemanasan air tidak dapat dilakukan dari jarak jauh ketika pengguna sedang tidak berada di rumah. Maka dengan permasalahan tersebut dirancanglah sebuah alat pengatur suhu air mandi dengan menggunakan smartphone berbasis android. Ketika Raspberry Pi menerima masukkan suhu dari pengguna, pemanas air akan bekerja sesuai suhu yang diinginkan pengguna dan akan berhenti bekerja ketika suhu yang diinginkan telah tercapai, kemudian aktif kembali ketika suhu air telah mencapai titik terendah yang dibatasi oleh program. Pengujian dilakukan beberapa kali untuk setiap jenis pengujiannya. Tingkat akurasi sensor DS18B20 adalah sebesar 98,86%. Tingkat akurasi relay adalah sebesar 96,67%. Tingkat akurasi input suhu dari aplikasi android dengan sensor DS18B20 dan termometer adalah 99,90% dan 97,41%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari berbagai jenis pengujian, keberhasilan rata-rata dalam mengatur suhu air mandi dari jarak jauh yaitu 95,19%.
Rancang Bangun Kontrol Temperatur dan Cahaya Ruangan Menggunakan Raspberry PI Firdian, Hary; Wibowo, Ardianto; Sari, Rika Perdana
Jurnal Komputer Terapan  Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Komputer Terapan November 2018
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The human body will always try to maintain a normal state with a perfect body system so that it can adjust to changes that occur outside the body. But the ability to adjust itself to the outside temperature is if the change in outside body temperature does not exceed 20% for heat conditions and 35% for cold conditions from the normal state of the body (Tjitro, 2004). The temperature that is considered normal for Indonesians is between 240 C to 260 C. Because heat is easier to affect body temperature, humans often look for cooler places. To overcome this problem an application is needed to facilitate controlling the temperature in the room. In this project the application with the help of Raspberry Pi and sensors to keep the room temperature stable.

Page 1 of 13 | Total Record : 130