Keberhasilan pembelajaran di perguruan tinggi menuntut keaktifan dari mahasiswa baik secara fisik, emosional, maupun mental. Meski demikian, mahasiswa tetap membutuhkan orang lain ketika mengalami kesulitan melaksanakan aktivitas akademik, misalnya dengan meminta bantuan dosen (academic help seeking). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of failure dengan academic help seeking terhadap dosen. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 185 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran tahun kedua dan ketiga. Alat ukur yang digunakan adalah Performance Failure Appraisal Inventory serta Computer Science Help Seeking Scales. Data dianalisis menggunakan korelasi Spearman. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa fear of failure memiliki hubungan dengan academic help seeking pada tiga dimensi, yaitu instrumental help seeking, executive help seeking, dan avoidance help seeking. Tidak ditemukan hubungan antara fear of failure dengan perceived benefit of help seeking. Fear of failure menimbulkan dua kecenderungan pada mahasiswa, yakni kecenderungan meminta bantuan dan kecenderungan menghindari meminta bantuan kepada dosen.
Copyrights © 2021