SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2021): JUNI 2021

Pengaruh Teknik Online Peer Editing Terhadap Kemampuan Menulis Essay Mahasiswa Manajemen pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia

Reznani, Nur Shabrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya pengaruh tekniki online peer editing terhadap kemampuan menulis essay mahasiswa Manajemen STIE Dwi Sakti Baturaja pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang  dibagi  menjadi pretest dan postest. Teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi online peer editing terhadap kemampuan menulis esai mahasiswa. Nilai rata-rata tes awal adalah 42,15 meningkat sebesar 14,02 menjadi 56,17 pada tes akhir. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,843 dan ttabel (df 62 = 1,669). Nilai thitung (8,843) > ttabel (1,669). Hasil menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran Online Peer Editing memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis essay mahasiswa Manajemen pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Sastranesia adalah jurnal ilmiah bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang. Jurnal sastranesia focus pada kajian bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah ini merupakan kumpulan kajian ilmiah dari civitas ...