Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 5, No 1 (2021): Juni

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode)

Yusmaniarti . (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Nurul Ainun Oktavia (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Hesti Setiorini (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Transfer pricing merupakan keputusan perusahaan dalam menentukann harga transfer atas transaksi yang dilakukan dengan perusahaan yang memiliki hubungan khusus. Transfer pricing digunakan untuk meminimalkan pajak perusahaan. Dengan besarnya tingkat penghindaran pajak yang terjadi di indonesia mengindikasikan adanya praktik transfer pricing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi praktik transfer pricing yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan variabel yang diteliti pengaruhnya terhadap transfer pricing yaitu profitabilitas, aset tak berwujud, multinasionalitas, ukuran perusahaan dan leverage. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Dengan data sekunder 18 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI dengan metode purposive sampling dari 50 perusahaan yang terdaftar. Hasil penelitian ini dilakukan dengan model regresi berganda yang menunjukkan nilai signifikansi tiap variabelnya yaitu profitabilitas sebesar 0.005 lebih kecil dari level of significant sebesar 0,05 sehingga profitabilitas berpengaruh terhadap transfer pricing, nilai signifikansi aset tak berwujud 0.000 lebih kecil dari level of significant sebesar 0,05 sehingga aset tak berwujud berpengaruh terhadap transfer pricing, nilai signifikansi multinasionalitas 0.984 lebih besar dari level of significant sebesar 0,05 sehingga multinasionalitas tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, nilai signifikansi ukuran perusahaan 0.250 lebih besar dari level of significant sebesar 0,05 sehingga ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, dan nilai signifikansi leverage 0.625 lebih besar dari level of significant sebesar 0,05 sehingga leverage tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.  Dapat disimpulkan variabel mutinasionalitas,  ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh dan Variabel profitabilitas dan aset tak berwujud berpengaruh terhadap praktik transfer pricing yang dilakukan perusahaan. Kata Kunci      : Transfer Pricing, Profitabilitas, Aset Tak Berwujud, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan,  Leverage.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...