Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penilaian pelanggan dan kepuasan terhadap loyalitas peternak dalam menggunakan pakan lokal di Kabupaten Bone. Desain penelitian deskriptif dan ekspalanatif, dilakukan selama 2 bulan, Mei sampai Juni 2020. Populasi penelitian sebanyak 170 orang. Sampel dipilih secara acak sederhana dan berdasarkan tabel Issac dan Michael sebanyak 139 orang. Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang terlihat dari koefisien jalur yang bertanda positif sebesar 0,37 dengan nilai t value 2,155 > 1,96. Variabel yang berkontribusi terbesar terhadap pembentukan customer value adalah tujuan penggunaaan pakan lokal oleh peternak, dengan besar loading factor sebesar 0,62. Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang terlihat dari koefisien jalur yang bertanda positif sebesar 0,60 dengan nilai t value 2,536 > 1,96. Variabel yang berkontribusi terhadap pembentukan variabel laten customer satisfaction adalah keandalan pakan lokal dengan loading factor sebesar 0,83.
Copyrights © 2021