Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 5, No 1 (2021): Juni

PENGARUH PENILAIAN PELANGGAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PETERNAK PENGGUNA PAKAN LOKAL

Marlia Rianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penilaian pelanggan  dan kepuasan terhadap loyalitas peternak dalam menggunakan pakan lokal di Kabupaten Bone.  Desain penelitian deskriptif dan ekspalanatif, dilakukan selama 2 bulan, Mei sampai Juni 2020. Populasi penelitian sebanyak  170 orang.  Sampel dipilih secara acak sederhana dan berdasarkan tabel Issac dan Michael sebanyak 139 orang.   Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  customer Value  berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang terlihat dari koefisien jalur yang bertanda positif sebesar 0,37 dengan  nilai t value 2,155 > 1,96.  Variabel yang  berkontribusi terbesar terhadap pembentukan customer value adalah tujuan penggunaaan pakan lokal oleh peternak, dengan besar loading factor sebesar 0,62. Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan  yang terlihat dari koefisien jalur yang bertanda positif sebesar 0,60 dengan  nilai t value 2,536 > 1,96.  Variabel yang berkontribusi terhadap pembentukan variabel laten customer satisfaction adalah keandalan pakan lokal dengan loading factor sebesar 0,83.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...