Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan
Vol. 5 No. 2 (2021): Volume 5, No. 2 (2021)

SMA Insan Cendekia Madani: Environmentally Friendly School Policy And Implementation Of Environment Based Curriculum As An Ef-Fort In Building Students’ Eco-Friendly Character

Jakiatin Nisa (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Anissa Windarti (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Mirza Desfandi (Department of Geography Education, Universitas Syiah Kuala)
Abdul Mufahir (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pada kebijakan berwawasan lingkungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan mengetahui tingkat efektifitas penerapan kurikulum berbasis lingkungan da-lam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA Insan Cendekia Madani (ICM). Pendekatan penelitian ini adalah Mix Method Research, dengan Strategi Embedded Konkuren, yaitu strategi yang menerapkan satu tahap pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa: Pertama, gambaran penerapan kebijakan sekolah berwawasan ling-kungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA Insan Cendekia Madani termuat pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS); Kedua, tingkat efektifitas Program Adiwiyata pada penerapan kurikulum berbasis lingkungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA ICM dinyatakan Efektif. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada pihak sekolah untuk menguatkan program sekolah berbasis lingkungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jgel

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Jurnal Geografi Edukasi dan Lingkungan (JGEL) ISSN 2579-8499 (print), ISSN 2579-8510 (online) is an national journal in Indonesia published by the Departement of Geography Education, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, concerns with physical geography, human geography, geography techniques, ...