Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
Vol 3 No 1 (2020)

Peningkatah Keterampilan Menulis Deskriptif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 29 Jakarta Melalui “Project-Based Learning”

Dwi Mulyani (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ade Hikmat (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Nani Solihati (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis melalui model pembelajaran berbasis projek pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 29 Jakarta. Subjek penelitian adalah pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 29 Jakarta yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tindakan pembelajaran siklus 1 peserta didik diminta langsung menuliskan deskripsi sebuah tempat wisata. Peserta didik mengalami kendala dalam aspek kebahasaan (kosa kata dan struktur kalimat yang digunakan) dan aspek nonkebahasaan (keberanian, kejujuran, dan sikap). Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan (kosakata, struktur kalimat dan tanda baca ) dan aspek non- kebahasaan (kelancaran dan penguasaan materi) yang masih kurang. Sistem evaluasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah isi, organisasi, kosakata, tata bahasa, dan mekanisme. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan menulis peserta didik. Peningkatan yang terjadi yaitu: (1) rata-rata nilai pra-siklus peserta didik sebesar 72,75 naik menjadi 78,06; (2) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 78,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 50%; (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 84,46 dengan persentase ketuntasan 84,37%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jollar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology ...