(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 5 No. 1 (2021)

Penggunaan Media Big Book Terhadap Kelancaran Membaca Siswa pada Tema Diriku Kelas I MIN 8 Aceh Besar

Mutia Ulfa (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ridwan M. Daud (Unknown)
Siti Khasinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Salah satu keterampilan yang sangat diperlukan dibidang pendidikan adalah keterampilan membaca. Membaca merupakan proses memperoleh informasi dari buku. Kelancaran membaca akan mempengaruhi kemampuan akademis siswa. Media Big Book adalah media yang berbentuk buku besar yang di dalamnya terdapat cerita dan gambar yang menarik sesuai dengan teks cerita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan media Big Book kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar; (2)Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menggunakan media Big Book kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar; (3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media Big Book terhadap kelancaran membaca siswa kelas I pada tema Diriku di MIN 8 Aceh Besar. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Lembar observasi aktivitas guru; (2) Lembar observasi aktivitas siswa; (3) Tes Membaca, kemudian dianalisis dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,08% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 73,95% dan meningkat menjadi 97,91%. (3) Hasil tes membaca pada siklus I yaitu 46,15% dan meningkat menjadi 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa pada Tema Diriku kelas I di MIN 8 Aceh Besar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...