(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 5 No. 1 (2021)

Peran Guru dan Orang Tua Siswa Kelas III SDN 2 Sekarteja dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Masa Pandemi Covid-19

Ana Rizkika (IAI Hamzanwadi NW Pancor Lombok Timur)
Syahratul Mubarokah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalah: (1) Untukmengetahuiperan guru dan orang tuasiswa Kelas III SDN 2 Sekartejadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di masa pandemi covid-19 (2) Untukmengetahuifaktor-faktorpenghambat guru dan orang tuasiswakelas 3 SDN 2 Sekartejadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dimasapandemi covid-19. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptifyaitupenelitian yang dilakukanterfokus pada suatukasustertentuuntukdiamati dan dianalisissecaracermatsampaituntas. Subjekdalampenelitianiniadalah guru dan orang tua yang ada di SDN 2 Sekarteja. Dalam proses pengumpulan data penelitimenggunakantigametodeyaituobservasi, wawancara dan studidokumentasi. Analisis data dilakukandenganmemfokuskan pada hal-hal yang menjadipokokbahasanreduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Dari hasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwa, guru dan orang tuasama- samaberperandalamkegiatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 iniuntukmempertahankankegiatanbelajarsiswasepertibiasanya. Adapun peran guru dan orang tuasama-samasebagaipengajar, sebagaipendidik, sebagaipembimbing, sebagaimotivator, sebagaiteladan, sebagai evaluator, dan lainnya. Adapun faktor-faktorpenghambatperan guru dan orang tuadalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 iniadalahbelumsemuapesertadidikmemiliki handphone dan masihbanyak orang tua yang sibukbekerja.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...