Jurnal Sains dan Informatika
Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal Sains dan Informatika

Chatbot Layanan Akademik Menggunakan K-Nearest Neighbor

Kristian Adi Nugraha (Universitas Kristen Duta Wacana)
Danny Sebastian (Universitas Kristen Duta Wacana)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Perusahaan atau institusi yang bergerak di bidang pelayanan publik pasti memiliki layanan customer service untuk menjawab pertanyaan dari konsumen. Namun perusahaan atau institusi dengan skala menengah ke bawah seringkali tidak sanggup untuk menyediakan karyawan khusus untuk menangani pekerjaan tersebut, sehingga pekerjaan tersebut dirangkap oleh karyawan di posisi lain. Chatbot dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan layanan tanya jawab, khususnya bagi perusahaan atau institusi yang tidak memiliki sumber daya khusus untuk menangani pekerjaan tersebut. Dengan adanya chatbot, pertanyaan-pertanyaan konsumen yang bersifat redundan dapat ditangani secara otomatis. Pada penelitian ini, penulis membangun sistem chatbot untuk layanan tanya jawab seputar kegiatan akademik dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem dapat memberikan nilai akurasi sebesar 53.48% untuk nilai K = 3.

Copyrights © 2021