Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 8, No 1 (2021): April

Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor

Rosyidah Nur Ainy Sanusi (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Furqanul Aziez (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas VII SMP Negeri 3 Kalibagor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Kalibagor sebanyak 224 siswa terbagi menjadi 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling (teknik sampel acak sederhana), jumlah sampel yang dibutuhkan 25% dari jumlah populasi. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat validitas pilihan ganda valid 72% dan tidak valid 28%, benar salah valid 90% dan tidak valid 10%, menjodohkan dan esai valid 100%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat reliabilitas dalam butir tes objektif dan subjektif memiliki „tingkat reliabilitas yang tinggi‟. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran pilihan ganda termasuk golongan “sukar‟ 4%, ”sedang‟ 32%, dan “mudah‟ 64%. Benar   salah   termasuk   golongan   “sedang”   20%   dan   “mudah‟   20%.   Butir   tes menjodohkan golongan  “sedang‟  16%  dan  “mudah‟  4%.  Selanjutnya,  butir  tes  esai  golongan “sedang‟ 4% dan “mudah‟ 16%. Kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran, dalam bentuk soal pilihan  ganda  kategori  “jelek‟  32%  dan  “cukup‟  68%.  Benar  salah  kategori  soal  “jelek‟  10%,  “cukup” 60%, dan “baik‟ 30% . Adapun butir tes menjodohkan dan esai dinyatakan “baik‟ semua dengan 100%. Kualitas butir soal dilihat dari efektivitas pengecoh bahwa 8 butir soal 32% “buruk,” 12   butir soal 48 % “kurang baik‟, dan 5 butir soal 20 % “baik‟. Analisis butir tes objektif (pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) dan subjektif (esai) dapat diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...