CONSILIA
Vol 4, No 1 (2021)

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

nurmarisyah luciana (Universitas Bengkulu)
Syahriman Syahriman (Universitas Bengkulu)
Vira Afriyati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari kelas VIII 2 yang memiliki tingkat minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan minat belajar siswa menjadi meningkat diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy, hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = .027 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy.Kata kunci: minat belajar, layanan konseling kelompok, broken home

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...