CONSILIA
Vol 4, No 1 (2021)

EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN FORMAT KELOMPOK MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA (THE EFFECTIVENESS OF CONTENT MASTERY SERVICES WITH A GROUP FORMAT USING INTERACTIVE MULTIMEDIA TO IMPROVE STUDENTS' CAREER PLANNING SKILLS)

Nurhayati Ramadhania (Universitas Bengkulu)
Yessy Elita (Universitas Bengkulu)
Vira Afriyati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interkatif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Penelitian ini menggunakan model pre-eksperimental one-group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Prosedur pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil uji t-30,706, nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa.Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Kemampuan Perencanaan Karier Siswa, Multimedia InteraktifABSTRACTThe purpose of this study was to describe the effectiveness of content mastery services in a group format using interactive multimedia to improve students' career planning skills. This study used a pre-experimental model one-group pre-test and post-test design. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kepahiang Regency. The procedure for taking the research subjects used purposive sampling technique. The sample in this study amounted to 8 students. The data from this study were analyzed using the t test.. The results of hypothesis testing obtained t-test results of 30,706, the sig (2-tailed) value of 0,000 (<0.05), then Ho is rejected. It can be concluded that content mastery services in a group format using interactive multimedia can improve students' career planning skills.Keywords: Content Mastery Services, Students’ Career Planning skills, Interactive Multimedia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...