Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 5, No 2: AGUSTUS 2021

PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LEBONG

Dessy Nur Aisyah (Universitas Bengkulu)
Didi Yulistio (Universitas Bengkulu)
Agus Joko Purwadi (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 4 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar bahasa Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 4 Lebong yang berjumlah satu orang. Data dalam penelitian ini adalah aspek kegiatan pengelolaan kelas yang meliputi pengaturan orang (siswa) dan pengaturan ruangan yang dilakukan oleh guru pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, analisis data yang dilakukan yaitu merekam sambil mengamati guru mengajar pada saat proses belajar berlangsung, mewawancarai guru dengan pedoman wawancara yang dibuat penulis, mencatat proses jalannya proses pembelajaran di dalam kelas, mendeskripsikan data yang telah diperoleh dan menyimpulkan hasil pengamatan dan wawancara mengenai aspek mengelola kelas yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini berbentuk deskripsi mengenai aspek pengelolaan kelas yang meliputi pengaturan siswa yang terdiri dari, guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang menarik minat siswa, guru memberikan motivasi belajar kepada siswa agar siswa semangat belajar, guru menghargai perbedaan pendapat siswa agar siswa tidak merasa dikucilkan, guru mampu menghidupkan suasana pembelajaran, sehingga terjalin komunikasi yang aktif antara guru dan siswa, guru menciptakan suasana kelas yang kondusif. Pengaturan ruangan atau fasilitas yang terdiri dari, penataan ruang kelas yang rapi dan nyaman, pengaturan dan pemanfaatan media yang menarik minat belajar siswa, pengaturan posisi tempat duduk siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...