Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui proses penerapan model pembelajaran quantum saat dilaksanakannya pembelajaran teks persuasif di kelas VIII A SMP Negeri 46 Bengkulu Utara, dan (2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran quantum saat proses pembelajaran menulis teks persuasif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Penelitian ini dibagi atas empat komponen yaitu refleksi, perencanaan, observasi, dan tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Instumen penelitian terdiri atas instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sintaks penerapan model pembelajaran quantum dalam penelitian ini ialah (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasi, (5) ulangi, dan (6) rayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kemampuan menulis teks persuasif siswa, karena tiap tahapan hasil belajar (menulis) siswa meningkat secara siginfikan, tahap siklus I memperoleh nilai 67,3 dan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dengan persentase 54,54%, dan siklus II memperoleh nilai 77,13 dan seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%..
Copyrights © 2021