Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 6, No 1 (2021): April

EFEKTIFITAS WHATSAPP SEBAGAI MEDIA BELAJARAN DARING PADA PELAJARAN AQIDAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Saprun, Mappanyompa, Saprun, Mappanyompa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Abstrak: Belajar daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, Whatsapp group dan lainnya. Dan berbeda jauh dengan belajar luring, system belajar luring adalah system pembelajaran yang memerlukan tatapmuka. Whatsapp Group adalah salah satu pilihan model pembelajaran daring yang dipilih dosen pengampu mata pelajaran Aqidah di universitas Muhammadiyah Mataram. Maka penting untuk menelisik bagaimana efektifitas belajar daring melalui Whatsapp. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif pada jurusan Ilmu Pemerintahan Semester 1 (satu). Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui Whatsapp pada mahasiswa sangat efektif dan sebagai solusi belajar dimasa pandemic Covid-19. Hal ini terlihat dari persentase sample yang diuji sebanyak 45 orang, dengan hasil 42 responden menyatakan sangat efektif dengan perhitungan 42/45 x 100 % = 93,3 % dan 3 orang responden menyatakan kurang efektif dengan perhitungan 3/45 x 100 % = 6,6 %.Abstract: Online learning is a learning method that uses an interactive model based on the internet and the Learning Management System (LMS). Like using Zoom, Google Meet, Whatsapp groups, and more. And in contrast to offline learning, the offline learning system is a learning system that requires face-to-face. Whatsapp Group is one of the choices of online learning models chosen by lecturers who teach Aqidah subjects at muhammadiyah university Mataram. So it is important to explore how effective online learning is through Whatsapp. Researchers conducted field research with a descriptive qualitative approach in the department of Government Science Semester 1 (one). The results show that online learning through Whatsapp in students is very effective and as a learning solution during the Covid-19 pandemic. This can be seen from the percentage of samples tested as many as 45 people, with the results of 42 respondents declared very effective with the calculation of 42/45 x 100 % = 93.3 % and 3 respondents declared less effective with the calculation of 3/45 x 100 % = 6.6 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...