AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 6, No 1 (2021): Edisi Mei 2021

MODEL ARSITEKTUR POHON ORDO SAPINDALES DI SEKITAR KAWASAN WISATA AIR TERJUN MORAMO HUTAN SUAKA MARGASATWA TANJUNG PEROPA

Farra Sasmita (Universitas Haluoleo)
Asmawati Murni (Universitas Halu Oleo)
Pallawagau Sapaille (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model arsitektur pohon ordo Sapindales di sekitar kawasan wisata air terjun Moramo Hutan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa. Waktu dan tempat penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 bulan Januari-Februari 2017 bertempat di kawasan wisata air terjun Moramo Hutan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa. Sampel dalam penelitian ini adalah jenis pohon yang termasuk dalam ordo Sapindales. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik jelajah. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pada famili Sapindaceae ditemukan satu spesies yaitu kase (Pometia pinnata)teridentifikasi memiliki model Koriba, famili Anacardiaceae terdapat tujuh spesies yang ditemukan yaitu kedondong hutan (Spondias pinnata), mangga hutan (Mangifera indica), kuweni (Mangifera odorata), ketiganya memiliki model Scarrone, jambu mete (Anacardium occidentale) memiliki model Troll, dahu hitam (Dracontomelon dao) dan dahu merah (Dracontomelon duperreanum) memiliki model Stone, gui (Koordersiodenron pinnatum)memiliki model Roux, dan famili Burseraceae ditemukan satu spesies yaitu lengai (Haplolobus celebicus)memiliki model Stone. Model Scarrone dan model Stone adalah model arsitektur pohon yang mendominasi pada jenis tumbuhan yang termasuk ordo Sapindales yang ada di kawasan wisata air terjun Moramo Hutan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...