Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 9, No 1 (2021)

Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural

Anissa Wika Alzanaa (Universitas PGRI Madiun)
Yuni Harmawati (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) urgensi Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural didalam negara yang plural; 2)  kebijakan implementasi multikulturalisme dalam institusi pendidikan; 3) nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan multikultural. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, bentuk penelitian yang digunakan analisis isi (content analysis), maka pelaksanaannya mengacu pada prosedur analisis isi. Pada metode penelitian, mengembangkan dua langkah atau prosedur, yaitu pengadaan data dan validasi data.  Hasil dari kajian dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki wilayah sangat luas yang didalamnya terdapat berbagai keanekaragaman seperti: agama, budaya, etnik, suku, bahasa, serta banyak lagi. Dari keaanekaragaman tersebut dapat memberikan tantangan bagi bangsa Indonesia seperti perpecahan. Oleh karena itu, diperlukan upaya mendasar untuk memperkuat dan memperkokoh kemajemukan yang ada. Melalui pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural.

Copyrights © 2021