Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN

Akbar Hidayat (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Hussein Fattah (Unknown)
Nyimas Inda Kusumawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Sandika Sukajadi tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 249 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran Ekspositori, diperoleh nilai  10,700 dan  1,994. Sehingga  berada di daerah penolakan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...