JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

DIGITALISASI HIJRAH MELALUI KOMUNITAS VIRTUAL

Wichitra Yasya (Unknown)
Wa Ode Sitti Nurhaliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Peranan teknologi memasuki era Society 5.0 diamplifikasi saat hadirnya pandemi Covid-19, dimana larangan untuk berkumpul dan beraktivitas massal di luar rumah memaksa dunia untuk mengalami proses digitalisasi dalam segala aspek kehidupan. Kegiatan keagamaan yang bersifat massal atau kongregasi dibuat virtual. Salah satu kegiatan keagamaan massal yang diselenggarakan secara virtual adalah program NgeSLOW. Melalui pemanfaatan berbagai media digital seperti Zoom, Instagram, YouTube, maupun Telegram, dapat dikatakan bahwa proses hijrah mengalami digitalisasi dengan adanya program NgeSLOW ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses digitalisasi hijrah pada komunitas NgeSLOW. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik netnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat aspek karakteristik proses hijrah, yaitu 1) pola program NgeSLOW, 2) penguatan hijrah melalui komunitas dan Hang Out sebagai #temanhijrah, 3) dakwah persuasif dengan komunikasi multimedia yang menghibur, dan 4) internalisasi hijrah melalui interaksi transmedia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...