JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTUKULTURAL DI MTsN 3 JOMBANG

Muhammad Ludvi Idris (Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah)
Saihul Atho' Alaul Huda (Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang penting untuk dipelajari dan dipahami, dengan Pendidikan karakter yang berbasis Multikultural manusia dapat berinteraksi dengan orang lain dengan baik dan menjga ketentraman dalam hidup berdampingan dengan orang-orang lain walaupun berbeda etnis, agama, suku, bahsa dan sebagainya. oleh karena itu Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis Multukultural dan untuk mencari tahu nilai-nilai Multukultural apa saja yang ada dalam MTsN 3 Jombang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berlandaskan filsafat postpositivme. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis tersebut kemudian ditemukan bahwa implementasi pendidikan di MTsN 3 Jombang adalah dengan kegiatan intrakurikuler,ekstrakurikuler, dan pembiasaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...