JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK PADA MAPEL QUR'AN HADIST DI MTS AL-HIKMAH

Amrini Shofiyani (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang)
Nurul Ilma Hidayati (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini membahas perihal peyusunan dan pengembangan bahan ajar Al-Qur'an Hadist berbasis humanistik sebagai upaya deradikalisasi agama. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan yang dikenalkan dirancang oleh Dick & Carey (2001)melalui serangkaian tahap pengembangan yang sistematis yakni tahap Identifying Intructional Goal, tahap Conducting Intructional Analysis, tahap Identifying Entry Behaviors Characteristics, tahap Writing Performance Objectives, tahap Developing Criterian-Referenced Test, tahap Developing Intructional Strategy, tahap Developing and Selecting Intruction, tahap Designing and Conducting Formative Evaluation, tahap Revising Intruction, dan tahap Designing and Conducting Summative Evaluation. Hasil pre-test kelas VIII-A menunjukkan rata-rata 67,5 sedangkan hasil post-test menunjukkan rata-rata 83,3. Data nilai pre-test dan post-test selanjutnya dianalisis melalui uji-t dari hasil nilai post teks menunjukkan pengembangan buku ajar berbasis humanistic sangat efektif di terapakn di MTS Al-Hikmah Jombang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...