Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Penyaluran kredit pada koperasi. (2) Untuk mengetahui layanan kredit pada koperasi. (3) untuk mengetahui persepsi anggota terhadap pelayanan penyaluran kredit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu karyawan dan anggota koperasi yang terdiri dari 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu dapat dilihat dari aspek ketepatan waktu dalam membuka jam pelayanan, waktu dalam memproses administrasi, waktu pencairan pinjaman, dan sistem penyaluran kredit memiliki tanggapan dari anggota koperasi sudah baik, dan cepat. Sedangkan layanan kredit berinteraksi secara langsung kepada anggota koperasi, berkomunikasi, bertutur kata memiliki tanggapan dari anggota koperasi sudah baik dan menyelesaikan kredit macet ataupun kredit anggota yang telah meninggal dunia secara kekeluargaan. Berdasarkan dari hasil penelitian di atas maka dapat di simpulkan bahwa persepsi anggota atas penyaluran kredit baik dari syarat penyajuan pinjaman, memberikan pelatihan kepada calon atau anggota koperasi serta mengikuti syarat keanggotaan sehingga dalam sistem penyaluran kredit, anggota memiliki tanggapan sudah baik, cepat, dan akurat serta layanan kredit aspek berinteraksi secara langsung dengan menggunakan sistem administrasi secara manual dan komputerisasi kepada anggota koperasi, berkomunikasi, bertutur kata dengan memiliki tanggapan dari anggota koperasi sudah baik serta menyelesaikan kredit macet ataupun kredit anggota yang telah meninggal dunia secara kekeluargaan. Diharapkan kepada masyarakat dapat memanfaatkan koperasi dan tidak beralih pada lembaga keuangan lainnya kemudian kepada pihak koperasi dapat memberikan pelayanan yang baik dan pelayanan yang sudah dianggap baik tetap di pertahankan dan ditingkatkan serta kepada peneliti selanjutnya hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian berikutnya.
Copyrights © 2021