JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 15 Koto Kabun Kabupaten Pesisir Selatan

Yefrika, Yuci (Unknown)
Sukma, Elvia (Unknown)
Susilawati, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang terlalu mendominasi dalam proses pembelajaran serta kurang menerapkan model-model inovatif yang berbasis kelompok dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita menggunakan metode Problem Based Learning. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 30 orang peserta didik kelas V SDN 15 Koto Kabun, Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan penilaian RPP. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 87,49% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 96,42 kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 76,78% dengan kategori cukup (C) meningkat pada siklus II yaitu 92,85% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh ratarata 76,78% dengan kategori cukup (C) meningkat pada siklus II yaitu 92,85% dengan kategori amat baik (AB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai 74,19 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II 88,06 dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadudi kelas V SDN 15 Koto Kabun, Pesisir Selatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...