JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa

Utami, Puteri Aulia (Unknown)
Jaya, Firman (Unknown)
Seituni, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah adanya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 dimana menekankan pada proses pembelajaran yang berbasis kepada siswa, sehingga model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran proyek yang menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning terhadap kemampuan psikomotorik siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan quasy eksperiment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas dengan product moment, uji reliabilitas dengan alpha crobach, uji normalitas dengan kolomogov-smirnov dan uji t beda test paired samples test. Pada kelas kontrol diketahui nilai ttabel 2,093 < thitung 47.304 yang berarti Ha diterima. nilai ttabel 2,093 < thitung 37,101 yang berarti Ha diterima. Pada kelas eksperimen Dengan adanya data yang tersaji dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada project based learning terhadap kemampuan psikomotorik siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...