Pada masa pandemi peran pemerintah melaksanakan sekolah daring dimana anak belajar mandiri di rumah dan peran seorang guru di gantikan oleh orang tua di rumah. Dalam mengembangkan sosial orang tua bisa membantu siswa dengan mengajak anak untuk menyukai persahabatan, membimbing anak untuk mengikuti aturan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pentingnya peranan guru dalam menstimulasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sumber data kepustakaan. Sampel yang digunakan yaitu beberapa orang pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian ini adalah bahwa perkembangan sosial di sekolah pada masa pandemi dapat dilaksanakan dengan cara kerja sama yang baik antara sekolah dengan orang tua siswa harus terus-menerus dijalin, dipererat, dan ditingkatkan intensitas dan kualitasnya. Dalam mengembangkan sosial anak orang tua bisa membantu anak dengan mengajak anak untuk menyukai persahabatan, membimbing anak untuk mengikuti aturan
Copyrights © 2021