JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Menggunakan Soal Timss Ditinjau dari Perbedaan Gender

Fatimah, Siti Nur (Unknown)
Munawwir, Zainul (Unknown)
Sari, Lisma Dian Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Melihat perbedaan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya tentang kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah, peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari perbedaan gender. Permasalahan tersebut menjadi penting untuk diteliti karena bertujuan untuk mengetahui terlaksana kemampuan metakognisi yang dimiliki siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam pemecahan masalah menggunakan soal TIMSS di SMP Al-Falah Pesanggrahan Jangkar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswa perempuan dari kelas VII SMP AL-Falah Pesanggrahan yang memiliki kemampuan matematika sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes kemamuan matematika dan soal TIMSS. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis pada setiap teknik pengumpulan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Kemampuan metakognisi siswa laki-laki dan siswa perempuan telah digunakan dengan baik dalam pemecahan masalah. Keduanya sama-sama dapat menjelaskan proses berpikirnya dalam setiap tahap pemecahan masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...