JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X TKJ Semester Genap di SMK Nurul Huda Kapongan Tahun Pelajaran 2020-2021

Nuraini, Intan (Unknown)
Suparto, Arico Ayani (Unknown)
Razaqi, Rahmat Shofan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran online berbasis WhatsApp kurang efektif dan minat belajar siswa menurun terlebih sebagian siswa ada yang memperhatikan materi yang diberikan dan ada juga sebagian siswa terlalu mengabaikan materi pembelajaran. Dimana penjelasan dari guru bisa dikatakan membosankan dikarenakan menggunakan model pembelajaran online berbasis WhatsApp. Faktor tersebut yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Berdasarkan kenyataan tersebut diperlukan perbaikan, salah satu alternative yang digunakan dengan Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X TKJ Semester Genap Di SMK Nurul Huda Kapongan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian untuk mengatasi minat belajar yang rendah. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis. Subjek dalam Penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan, jumlah peserta didik ada 29 terdiri atas 14 perempuan dan 15 laki-laki. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analis data dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan persentase minat belajar prasiklus 75%, siklus I dengan hasil rata-rata 83% dan siklus II dengan hasil rata-rata 89%. Maka dapat disimpulkan, Minat belajar peserta didik kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan pada mata pelajaran Simulasi Digital mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran daring berbasis Edmodo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...