Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona

Risna Mira Bella (Universitas Al Washliyah Medan)
Khoiruddin Matondang (Universitas Al Washliyah Medan)
Nila Wati (Universitas Al Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi kegiatan pembelajaran di Sekolah. Kegiatan pembelajaran tetap berjalan meskipun dalam situasi pandemi yang dilakukan secara daring (online). Pembelajaran online ini dilakukan guru dan siswa di tempat yang terpisah. melalui beberapa aplikasi yang sudah tersedia seperti whattsAps group, google form, google classroom, google meet, zoom meeting dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui respon siswa MTs Swasta Al-UMM Medan Marelan terhadap pembelajaran daring selama pandemi T.P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah berupa angket. Angket yang digunakan adalah angket yang berupa 20 butir pertanyaan. Angket digunakan untuk dapat mengetahui respon siswa pada saat belajar daring selama pandemi. Respon siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah respon terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama daring. Dari hasil angket 45 siswa diperoleh bahwa dari indikator menunjukan minat terhadap pembelajaran daring ditinjau dari pembelajaran yang dilaksanakan guru terdapat (57,53 %) dengan kriteria kurang positif, indikator menunjukan minat terhadap pembelajaran daring ditinjau dari media pembelajaran terdapat (47,77 %) dengan kriteria kurang positif dan indikator menunjukan minat terhadap pembelajaran daring ditinjau dari sarana pendukung/fasilitas pendukung juga terdapat (51,66 %) dengan kriteria kurang positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah respon siswa MTS Swasta AL-UMM kurang positif terhadap pembelajaran daring selama pandemi Corona.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...