Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Hubungan Kecemasan Matematika dan Digital Storytelling Terhadap Math Literacy Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas Virtual

Elsa Nabilah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Pengkajian ini bertujuan untuk mendeteksi hubungan kecemasan matematika serta digital storytelling pada math literacy pada siswa sekolah menengah pertama dalam pembelajaran matematika di kelas virtual. Pengkajian ini menggunakan cara survey kuantitaif yang dipilih oleh peneliti untuk mencapai tujuan penelitian. Sampel dalam pengkajian ini ialah 300 siswa sekolah menengah pertama yang berwilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang serta Bekasi. Teknik pengumpulan data dikerjakan memakai kuesioner. Analisis data dikerjakan memakai metode korelasi product moment dan metode regresi linear berganda, yang terdiri atas variabel bebas kecemasan matematika ( ), digital storytelling ( ), dan variabel terikat math literacy ( ). Menurut hasil analisis data membuktikan jika (1) ada hubungan dengan arah negatif serta derajat hubungan sedang antara kecemasan matematika terhadap math literacy, (2) terdapat hubungan dengan arah positif dan derajat hubungan yang kuat antara digital storytelling berhubungan terhadap math literacy, (3) terdapat hubungan positif antara kecemasan matematika dan digital storytelling terhadap math literacy sebesar 66%. Untuk penelitian selanjutnya, agar peneliti tidak hanya menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data, tetapi dapat membuat proyek dalam suatu kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...