AGROSCIENCE
Vol 11, No 1 (2021): June

EFEKTTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN NEGRI KOPI SARONGGE

Endah Lisarini (Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana)
Alif Lazuardi (Fakultas Sains Terapan UNSUR)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Salah satu literasi era industry 4.0 adalah Teknologi Informasi. Segala bentuk informasi dan komunikasi dilakukan secara digital tidak terkecuali informasi dan komunikasi pemasaran. Negri Kopi Sarongge menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran produknya. Seberapa efektif penggunaan Instagram tersebut dalam mempengaruhi keputusan membeli konsuumen menjadi hal menarik untuk dikaji. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan : 1) mengkaji pengaruh kualitas komunikasi pemasaran melalui Instagram terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 2) mengkaji pengaruh kuantitas komunikasi pemasaran melalui Instagram terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 3) mengkaji pengaruh kualitas dan kuantitas komunikasi pemasaran secara simultan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 4) mengkaji pengaruh efektivitas komunikasi pemasaran terhadap keputusan membeli konsumen Negri Kopi. Data primer dan data sekunder penelitian dihimpun dari 100 responden pengikut akun Instagram Negri Kopi Sarongge. Karakteristik responden secara umum adalah : didominasi laki-laki (62%), sebagian besar berusia 21 – 30 tahun (77%), terbanyak berpendidikan S1 (61%) dan yang paling lama mengikuti lebih dari setahun sebanyak 42%. Pengikut akun Instagram merupakan populasi yang jumlahnya dapat diketahui dengan pasti pada periode waktu tertentu yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu teknik pengambilan sampelnya secara probability random sampling dan disesuaikan dengan persyaratan jumlah sampel minimal metode analisis jalur yaitu sebanyak 100 orang. Untuk mejawab tujuan penelitian, dilakukan analisis jalur terhadap data variabel kualitas komunikasi, kuantitas komunikasi, efektivitas komunikasi pemasaran dan keputusan membeli konsumen. Diperoleh hasil penelitian yang menyimpulkan :  1) kualitas komunikasi pemasaran melalui Instagram berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 2) kuantitas komunikasi pemasaran melalui Instagram berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran. Walaupun keduanya berpengaruh signifikan, namun kualitas berpengaruh lebih besar diabndingkan pengaruh kuantitas komunikasi pemasaran melalui Instagram. Berturut-turut masing-masing sebesar 54.6% dan 33.8%. Hasil penelitian ke 3 menyatakan bahwa efektivitas komunikasi pemasaran melalui Instagram berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen Negri Kopi Sarongge. Kondisi ini mengindikasikan bahwa komunikasi pemasaran yang menarik dan berkelanjutan melalui media social Instagram memberikan efek positif terhadap penjualan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agroscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Energy

Description

Jurnal Agroscience (JAGSCI) dahulu bernama Journal of Agroscience adalah media publikasi ilmiah hasil-hasil penelitiandi bidang pertanian yang meliputi teknologi budidaya, sosial-ekonomi pertanian, penyuluhan dan kelembagaan pertanian. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2008 dalam edisi cetak ...