JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 3 No. 2 (2020): JEMST Vol 3 No 2 2020

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Tanjung Jabung Timur

Sri Wardani (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Kholid Musyaddad (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Nanda Gusriani (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmembuktikanadatidaknyapengaruh model pembelajaranConnecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) terhadaphasilbelajar IPA Terpadusiswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Tanjung JabungTimur.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri 50 siswa.Sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan soal objektif pilihan ganda. Dari hasil analisis data, rata-rata hasil nilai post test kelas eksperimen adalah 78,1dan kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar adalah 71,1. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji “t” maka nilai “t” yang diperoleh adalah 2,779 dan lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikan 5% maupun dari taraf 1% artinya 2,01<2,779>1,68, maka Ha (hipotesis alternatif). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing,Reflecting and Extending (CORE) terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII B di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Tanjung JabungTimur.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...