Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar

Fitriani Rafikasari (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Muslimin Ibrahim (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Siti Maghfirotun Amin (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Sukron Djazilan (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran PAI melalui pendekatan PAKEM. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni dengan melakukan penelitian Kuantitatif. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa pada umumnya siswa Indonesia adalah kontekstual, juga para siswa sangat beragam baik gaya belajar, minat, dan tingkat motivasinya. Oleh karena itu perlu ditemukan keefektifan pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman siswa di dalam kelas. Salah satu model pendidikan yang mengasyikkan serta mengaktifkan peserta didik merupakan pembelajaran PAKEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, pemberian tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlaksanaan pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan PAKEM dapat dikatakan 100% terlaksana. Pembelajaran Agama Islam Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) ini sangat efektif, sebab nilai ketuntasan kelas telah mencapai minimal 75%. Berdasarkan hasil wawancara dari Bpk. H. Fatchur Rochman, S.Pd.i, selaku guru kelas II mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengatakan bahwa tidak ada kesulitan atau tidak ada hambatan saat mengajar dengan menggunakan metode PAKEM, dikarenakan pembelajarannya sangat menyenangkan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...