Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar

Ashimatul Wardah Al Mawaddah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
M Thamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Siti M Amin (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Sri Hartatik (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Adanya pandemic covid-19 memberikan pengaruh besar dalam bidang pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang biasanya dilakukan luring sekarang berubah menjadi daring. Salah satu media yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran daring adalah Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian pre-eksperimental design. Subjek yang digunakan 26 siswa kelas IV.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Pada nilai pre-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 65,19 sedangkan pada nilai post-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 88,08. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 dapat disimpulkan dari uji paired sample t-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Melalui Daring di SDIT Al Ibrah Gresik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...