Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Mind Mapping

Christa Voni Roulina Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Theresia Monika Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Herna Febrianty Sianipar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Apriani Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tahapan pengembangan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan mind mapping . Metode penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap: Preliminary research, prototyping or development, dan assessment. Data penelitian berupa kuesioner, angket validasi, kepraktisan, dan efektivitas. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil uji coba I adalah sebesar 71,88%, ujicoba II adalah sebesar 87,50%. Respon peserta didik sangat setuju pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Power Point. Model pembelajaran Mind Mapping berbasis Power Point yang dirancang dosen memperoleh validasi ahli dengan kategori sangat baik dan layak diterapkan dalam belajar bilangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...