Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Tiap daerah atau masyarakat mempunyai corak dan budaya masing-masing yang memperlihatkan ciri khasnya. Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan berbagai macam budaya dan keseniannya. Kesenian di Provinsi Bali merupakan salah satu yang diminati oleh wisatawan khususnya kesenian dalam bidang kerajinan yaitu kerajinan perak. Kekhasan itu tak hanya pada keunikan desain dan motif tradisionalnya yang kental nuansa seni budaya Bali, perak Bali juga tak kalah populer dibandingkan perhiasan emas sebagai koleksi sekaligus sarana investasi. Salah satu kelompok perajin perak yang ada di Bali adalah kelompok perajin perak Dharma Batubulan, Kabupaten Gianyar. Kelompok ini membuat kerajinan perak bekerjasama dengan mitra yakni UC Silver. UC Silver merupakan manufaktur penjual perak, target pasarnya adalah wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun menurunnya pariwisata di Bali memiliki dampak menurunnya pengunjung dan pembeli ke UC Silver, hal ini juga berdampak pada kelompok perajin perak Dharma Batubulan karena pemesanannya juga menurun. Untuk mengatasi hal ini, maka dengan melaksanakan PKM ini diharapkan perajin perak Dharma Batubulan bisa memasarkan sendiri produk perak melalui digital marketing, sehingga tidak hanya bergantung dari pemesanan UC Silver. Permasalahan yang dihadapi kelompok nelayan ini adalah: 1) Penurunan pemesanan saat low season. 2) Bergantung pada mitra, 3) Teknik pemasaran yang masih manual. 4) Adanya perselisihan dengan konsumen.Â
Copyrights © 2021