cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 535 Documents
PELATIHAN PENDAMPINGAN DAN PEMASARAN BERBASIS TOKO ONLINE BAGI UKM HERBAL SARI SEHAT MULTIFARM, TEGALWARU CIAMPEA KABUPATEN BOGOR Hukama, La Diadhan; Simon, Zainal Zawir
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.796 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12542

Abstract

Saat ini terjadi perpindahan perilaku konsumen, salah satunya dari offline ke online. Beberapa pelaku bisnis offline terlihat cepat bergerak ke online. Namun Beberapa yang lain terlihat berdiam diri dan lamban merespon perubahan ini termasuk UMKM. Dalam rangka merespon perubahan tersebut, tim pengabdian maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) menginisiasi pembuatan toko online melalui pembuatan website, pelatihan dan pendampingan pengelolaan website UKM Herbal Sari Sehat Multifarm. Tujuan dari pelaksanaan P2M ini adalah membantu membuat toko online dengan membuat website UKM Herbal Sari Sehat Multi Farm. hasil kegiatan pengabdian masarakat ini adalah terbentuknya toko online UKM Herbal Sari Sehat Multi Farm yang bernama herbalmultifarm.wordpress.com
PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU-GURU SD GUGUS 6 KECAMATAN BATURITI Suharta, I Gusti Putu; Sudiarta, I Gst Putu; Astawa, I Wayan Puja; Sariyasa, Sariyasa
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.273 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12842

Abstract

Sekolah Dasar No. 1, No. 2, No.3, dan No. 4 Candikuning Kecamatan Baturiti merupakan sekolah-sekolah yang berada di bawah Gugus 6.  Permasalahan guru-guru di Gugus 6 yang perlu memperoleh perhatian dan penanganan adalah berkaitan dengan guru kelas I – III, yaitu : (1) membuat rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang menekankan pada pengertian, dan (2) mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa . Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para guru SD kelas I – III Gugus 6 Kecamatan Baturiti, ditawarkan pemecahan melalui penyelenggaraan pelatihan dan pedampingan. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan adalah: (1) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika realistic, dan (2) pengembangan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa : (1) secara umum guru telah membuat rencana (lintasan pembelajaran) cukup  dalam arti ada relevansi dan konsistensi masing-masing komponen dari lindasan pembelajaran, tetapi uraian aktivitas dan dugaan respon siswa belum maksimal, (2) pengembangan media pembelajaran, media yang dikembangkan dirasakan sangat bermanfaat., (3) pembelajaran matematika realistik merupakan sesuatu yang baru, sehingga guru merasakan mendapatkan pengetahuan baru untuk mengajarkan matematika di SD, dan (4) guru merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan merasa senang untuk mengikuti pelatihan. Semua peserta menyarankan pelatihan semacam ini agar sering diadakan.
Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Cost Of Goods Sold untuk Menentukan Harga Jual Produk pada Usaha Tenun di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem Purnamawati, I Gusti Ayu; Yuniarta, Gede Adi; Diatmika, I Putu Gede
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.987 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i1.13682

Abstract

In general, community service program aims to provide training and assistance for the preparation of Cost Of Goods Sold (Cost of Production) to Determine the Price of Selling Products on Traditional Weavers Business in Sidemen District, Karangasem Regency. The method used in this activity is the direct practice method. The material provided during the training and assistance includes: (1) the importance of bookkeeping and the benefits of its use in running the business; (2) how to calculate the cost of production for the product; (3) cost information required in controlling production costs. The result of the activity shows that: after the training activity is done, the craftsman community's skill starts to increase by 80%. Most have been able to calculate the cost of production and determine the selling price correctly.
Pendampingan Guru SMPN 8 Kota Malang dalam Mengembangkan Perilaku Etis Siswa Berbasis Model Pembelajaran OIDDE Husamah, Husamah; Hudha, Atok Miftachul; Pantiwati, Yuni
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 2 (2018): May 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.495 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i2.14185

Abstract

Based on the priority problem, we need an effective and appropriate solution to develop the students’ ethical behaviour of state junior high school 8 of Malang (SJHS/SMPN 8). This article aims to describe the implementation teacher mentoring activities in developing students' ethical behavior based on OIDDE learning model. The subject in this devotion were teachers, which consists of master teachers amounted to 10 people and other teachers amounted to 46 people. The activity was held for 8 months. In addressing the problems faced by partner schools, work procedures and methods of implementation of community development program that have been discussed and agreed with both partner schools, FGDs, workshops, direct practice, dissemination, and evaluation. The programs has been conducted, with activities in the form of: equation of perception, OIDDE learning workshop (speech by headmaster, exposure of executing chairman, essentials concepts (active learning development, character, authentic assessment), OIDDE model and examples, discussions, mentoring of learning tools, open class, and evaluation.
Implementasi PKM Kelompok Petani Organik di Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang yang Menghadapi Masalah Fungisida Budiyanto, Moch. Agus Krisno; Muizzudin, Muizzudin; Husamah, Husamah; Permana, Fendy Hardian
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 3 (2018): August 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.796 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i3.14529

Abstract

Petani yang menerapkan pertanian organik masih mengalami permasalahan terkait pengetahuan tentang pembuatan dan penggunaan fungisida organik, sehingga perlu dilakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). PKM ini bertujuan memberikan pendampingan kepada mitra sehingga terjadi perbaikan dalam hal, (1) penguasaan metode pembuatan fungisida organik anggota kelompok petani organik yang menjadi mitra dan (2) menguasai metode penggunaan fungisida organik anggota kelompok petani organik yang menjadi mitra. Mitra PKM adalah Kelompok Tani Sumber Urip-I dan Kelompok Tani Sumber Urip-II, Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan PKM terdiri dari 2 kegiatan utama, yaitu sebagai berikut: 1) Pelatihan pembuatan fungisida organik dari bahan baku lokal dan 2) Pelatihan dan pendampingan penggunaan fungisida organik. Melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan, maka: 1) semua anggota (100%) mitra PKM telah menguasai metode pembuatan fungisida organik dan 2) semua anggota (100%) mitra PKM telah menguasai penggunaan dan mampu meningkatkan produksi fungisida organik.
Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng Agustiana, I Gusti Ayu Tri; Tika, I Nyoman; Wibawa, I Made Citra
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 2 (2018): May 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.607 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i2.15540

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah 1) memperkenalkan sistem Mendeley, 2) memberikan pelatihan penyusunan daftar pustaka dan penelusuran referensi, 3) memberikan pelatihan penyusunan daftar isi, 4) mengetahui respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan (workshop) yakni, pemberiaan wawasan tata tulis daftar pustaka dan daftar isi, diskusi tentang sistem Mendelay, latihan penyusunan daftar pustaka dan penelusuran daftar pustaka, selanjutnya dilakukan pendampingan. Jumlah peserta sebanyak 26 orang dosen swasta se kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di Kampus STIKES Buleleng. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan. Respon peserta diukur dengan menggunakan kuisioner diakhir pelatihan. Peserta mengatakan bahwa materi yang dibahas dalam pelatihan mengatakan 76,1 % sangat penting, dan 23,9% penting. Kondisi ini menunjukkan bahwa materi ini memang tepat sasaran dan berguna bagi khalayak sasaran. Para narasumber menyampaikan materi 42% menyatakan sangat baik dan 58 % baik. Selain itu, respon peserta terhadap waktu pelatihan, peserta 39,0% menyatakan sangat perlu, 54% perlu, dan 7% mengatakan cukup dengan waktu yang tersedia.
Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten Effendi, Bahtiar
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 4 (2018): November 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.664 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i4.14635

Abstract

SMK Dharma Widya, Neglasari, Tangerang-Banten yang dipimpin oleh Triwidi Pantoro meminta agar dosen prodi S1 Akuntansi Universitas Matana dapat memberikan bimbingan dan pelatihan akuntansi bagi siswa kelas XII konsentrasi akuntansi yang setengah semester lalu guru pembina (kaprodi akuntansi) telah resign dan kegiatan pembelajaran di kelas tersebut kurang maksimal dengan keterbatasan dewan guru yang mendalami akuntansi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah analisis deskriptif dengan menganalisa kondisi situasi materi yang diajarkan dan membuat pola pembelajaran materi yang perlu diperdalam melalui bimbingan dan pelatihan melalui dua tahap yakni pemahaman dan implementasi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberhasilan proses bimbingan dan pelatihan akuntansi dan pajak dengan peningkatan pemahaman siswa kelas XII konsentrasi akuntansi yang dibuktikan melalui pre test dan post test materi akuntansi dan pajak, selain itu terdapat peningkatan semangat optimis  dan percaya diri dari siswa kelas XII konsentrasi akuntansi dalam menghadapi UAS tahun 2018 ini.Keywords: Prodi akuntansi,universitas matana, pengabdian masyarakat, bimbingan dan pelatihan, pemahaman siswa 
PELATIHAN KETERAMPILAN 4M (MENATA, MENYIMPAN, MEMPERSIAPKAN, DAN MEMODIFIKASI) ALAT/BAHAN PRAKTIKUM BAGI GURU-GURU IPA DAN LABORAN SMP DI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG Subamia, I Dewa Putu; Wahyuni, I. G. A. N. Sri; Widiasih, Ni Nyoman
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.489 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i1.11894

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) dalam bentuk Pelatihan Keterampilan 4M (Menata, Menyimpan, Mempersiapkan, dan Memodifikasi) Alat/Bahan Praktikum Bagi Guru-Guru IPA dan Laboran SMP di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan Guru IPA (Pengelola Laboratorium) dan Laboran IPA SMP untuk menata, menyimpan, mempersiapkan, dan memodifikasi alat/bahan praktikum dalam rangka mendukung pembelajaran IPA. Evaluasi kegiatan ini dilakukan terhadap proses dan produk kegiatan. Evaluasi proses berkaitan dengan kehadiran peserta, semangat mengikuti kegiatan, dan kerja sama. Evaluasi proses dilakukan terhadap aktivitas peserta selama kegiatan berlangsung. Evaluasi produk dilakukan terhadap hasil karya praktek (berupa modifikasi alat praktikum) IPA dengan memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar dan uji kelayakan produk. Penskoran dilakukan dengan skala Likert (dengan bantuan rubrik penilaian) dan dianalisis secara deskriptif.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SD DI KEBENDESAAN MENGESTA Mariawan, I Made; Rapi, Ni Ketut; Yasa, Putu
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.971 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i1.11904

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dalam menyusun dan mengimplementasikan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan P2M ini melibatkan 32 orang guru SD dan Kepala sekolah di Kebendesaan Mengesta dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Dari 32 orang guru yang ikut pelatihan, dipilih 6 orang yang didampingi dalam mengimplementasikan PTK di sekolah masing-masing. Pelaksanaan kegiatannya, sebagai berikut: (1) Melaksanakan pelatihan tentang penyusunan proposal PTK selama satu hari. (2) Membimbing guru dalam mengimplementasikan PTK dalam kegiatan pembelajaran selama dua bulan. (3) Melakukan penilaian terhadap kemampuan guru dalam menyusun proposal PTK dan mengimplementasikan PTK dalam kelas. Hasil yang diperoleh dari seluruh kegiatan P2M ini adalah rata-rata kemampuan mengajar guru dalam mengimplementasikan PTK, berkualitas “ sangat baik”. RPP yang disusun guru, berkualitas “baik”. Rata-rata respon siswa “sangat baik” terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN BERKELANJUTAN BERBASIS POTENSI DESA DI DESA BINAAN TEMBOK KECAMATAN TEJAKULA Wesnawa, I Gede Astra; Christiawan, Putu Indra; Sulindawati, Luh Gede Erni
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.129 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12089

Abstract

Program Desa Binaan di Desa Tembok ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitassumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan keaksaraaan usaha mandiri, (2) meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi alam dan lingkungan melalui kegiatan pembibitan dan penghijauan untuk mewujudkan lingkungan yang lestari, (3) Mendorong tumbuhnya kreativitas, motivasi dan inovasi masyarakat dalam mengatasi permasalahan melalui pelatihan dan pendampingan pengembangan usaha ekonomi kreatif, seperti kreasi produk ingke dan pembuatan VCO, (4) Peningkatan kesadaran masyarakat untuk mendorong terwujudnya kemandirian, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat desa dalam bidang adat dan agama. Program ini dilaksanakan melalui: Partisipatory Rural Appraisal (PRA), Entrepreneurship Capacity Building (ECB), Technology Transfer (TT), dan Information Technology (IT), dalam berbagai bentuk kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, penyuluhan, dan penghijauan. Hasil kegiatan adalah (1) meningkatnya keterampilan masyarakat sesuai minatnya sambil mereka belajar membaca dan berhitung; (2) meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya penghijauan baik sebagai kelestarian lingkungan maupun investasi jangka panjang, cara pembibitan, dan menanam bibit kelapa gading dan papaya California, (3) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga masyarakat dalam bidang industri rumahan, seperti ingke, minyak kelapa, dan (4) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan alat upakara adat Hindu.

Page 1 of 54 | Total Record : 535


Filter by Year

2017 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue