Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

Faktor-Faktor Ambisi Politik Imigran Korea Utara di Korea Selatan (Studi Kasus: Keterlibatan Thae Yong-Ho dan Ji Seong-Ho sebagai Kandidat dalam Kontestasi Pemilu Legislatif di Korea Selatan Tahun 2020)

Naomi, Ega Eugenia (Unknown)
Muhyidin, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Artikel ini  membahas tentang  bagaimana  imigran asal Korea Utara terlibat dalam kontestasi di Pemilihan Legislatif tahun 2020 di Korea Selatan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik studi literatur, penelitian ini menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mendorong ambisi politik Thae Yong-ho dan Ji Seong-ho. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ambisi politik kedua tokoh tersebut muncul didorong oleh berbagai faktor personal yaitu sosialisasi politik, pengalaman profesional individu, rekrutment politik, serta isu dan sikap politik terhadap kebijakan luar negeri Presiden Moon Jae-in mengenai hubungan Korea Selatan dan Korea Utara. Identifikasi faktor pendorong ambisi politik individu tidak hanya penting untuk menjawab pertanyaan mengapa individu berkompetisi pemilu, namun juga bagaimana ambisi personal berkembang sejalan dengan strukur kesempatan politik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah perspektif terkait kebijakan politik di negara demokrasi dalam merespon isu imigran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIS

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu ...