Tarikhuna: Journal of History and History Education
Vol 3, No 1 (2021)

Implementasi Pembiasaan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pembelajaran Sejarah Di SMAN 2 Lubuk Basung

Barkara, Rafly Surya (Unknown)
Efendi, Nofriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Beberapa strategi  konstruktif yang diterapkan berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Pesantren Dr.Muhammad Natsir punya kapasitas mengangkat taraf hidup, mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan masyarakat sekitar melalui program padat modal, padat karya, penanggulangan anak putus sekolah. Melalui pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar mengenal jenis tanaman baru dan pekerjaan baru sehingga kesejahteraan mereka bisa terangkat dan dapat mempercepat usaha pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan dan pengangguran di wilayah perdesaan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena peserta didik yang menunjukan indikasi pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan seperti membersihkan halaman sekolah sebelum berbunyi lonceng masuk Pembelajaran Sejarah. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara sadar tampa ada  perintah dari guru yang bersangkutan, sehingga menjadi pertanyaan upaya yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan nilai peduli lingkungan sehingga peserta didik mempunyai rasa peduli lingkungan yang cukup tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui Pembelajaran Sejarah di kelas rendah SMAN 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data hasil reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa implementasi pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui  Pembelajaran Sejarah dikelas rendah yaitu kegiatan perencanaan dengan mengintegrasikan nilai karakter peduli lingkungan menggunakan  Program tahunan, Program semester, silabus dan RPP sedangkan dalam pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dilakukan dengan kegiatan rutin, spontan, keteladanan dan pengkondisian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tarikhuna

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Tarikhuna: Journal of History and History Education (THJE) is an academic journal of studies in history education and Indonesian history. It is published biannually (May & November) by the Departement of Social Science Education, Imam Bonjol State Islamic University. Tarikhuna aims to provide ...