MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

Analisis Kesulitan Belajar Dalam Masalah Kecemasan Pada Pembelajaran Matematika

Fiqie Nur Azizah (Unknown)
Haerudin Haerudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII angkatan 2019/2020 di SMPN 2 Karawang Timur yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara untuk mengetahui tingkat kecemasan pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam masalah kecemasan pada pembelajaran matematika yaitu kurang menguasai konsep-konsep matematika sebelumnya, cara pembelajaran matematika yang monoton, kurangnya perhatian guru kepada peserta didik, kurangnya perhatian orang tua dan ketakutan, ketegangan serta kecemasan yang berlebihan.Kata-kata kunci: Kesulitan Belajar, Kecemasan Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...