MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SEGITIGA

Nur Sitihanifah (Unknown)
Ramlah Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

 Abstrak: Kemampuan abstraksi matematis merupakan kemampuan dasar yang yang harus dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII di MTSn 4 Karawang sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan abstraksi matematis. Instrumen tes terdiri dari tiga soal yang mengedepankan kemampuan abstraksi matematis. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis jawaban siswa diketahui bahwa kemampuan abstraksi  siswa tergolong rendah. Tingkat kemampuan abstraksi matemtis dari 35 siswa dikelas VIII berdasarkan nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan terdapat 3 orang siswa diketegori tinggi dengan jumlah persentase 8,57% dengan memenuhi indikator. Terdapat 29 siswa dikategori sedang dengan jumlah persentase 82,85%, belum memenuhi semua indikator secara maksimal, sedangkan siswa pada kategori rendah terdapat 3 orang siswa dengan jumlah persentase 8,57%, tidak memenuhi semua indikator kemampuan kemampuan abstraksi matematis, dimana siswa hanya menuliskan nomor soal saja tanpa memberikan jawaban sama sekali.Kata-kata kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis, Segitiga

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...