Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Menghitung Keliling Dan Luas Bangun Persegi Panjang dan Trapesium berdasarkan Kemampuan Awal Siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VII di kabupaten Bekasi yang dipilih secara purposive sampling. Intrument utama adalah peneliti sendiri, sedangkan intrument pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian yang berjenis satu soal PISA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jawaban siswa yang merajuk pada keempat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikembangkan oleh polya dan melakukan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu Merencanakan penyelesaian masalah, sedangkan siswa 2 dan 3 mampu memenuhi dua indikator yaitu merencanakan penyelesaian masalah dan menyelesaikan masalah seusai dengan rencana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang dan trapesium masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang menunjukkan bahwa ketiga siswa memiliki kemampuan awal yang rendah.Kata-kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal, Menghitung Keliling dan Luas Bangun Persegi Panjang Dan Trapesium.
Copyrights © 2021