Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VIII yang berdomisili di kabupaten bekasi dalam menyelesaikan soal operasi bilangan pada soal TIMSS.penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek siswa kelas VIII sebanyak 4 siswa.teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument test dan wawancara semi terstruktur.instrumen test yang digunakan berupa soal uraian singkat yang berasal dari soal TIMSS 2011,2015,2019 lembar tes tersebut berasal dari framework TIMSS international yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah menggunakan analisis konten/isi jawaban siswa untuk melihat adanya kemampuan penalaran matematis dengan cara melihat jawaban yang telah diberikan pada lembar jawaban,lalu dilakukan analisis berdasarkan jawaban siswa serta disesuaikan dengan pedoman skor TIMSS.Tahap dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap,yaitu :perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Bekasi mendapatkan kategori rendah dominan.siswa yang kesulitan dalam kemampuan penalaran dikarenakan siswa belum dapat menemukan cara penyelesaian yang tepat serta menarik kesimpulan yang tepat.Kata-kata kunci: kemampuan penalaran matematis,operasi bilangan, TIMSS,
Copyrights © 2021