MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

BAKAT NUMERIK SISWA KELAS VIII SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dilla Syifa Yasyfiani (Unknown)
Nita Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Kemampuan abstraksi matematis merupakan kemampuan menemukan pemecahan masalah matematis tanpa hadirnya objek permasalahan itu secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa bagaimana kemampuan abstraksi matematis siswa SMA dalam materi transformasi geometri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive sampling. Indikator kemampuan abstraksi matematis ada 3, yakni Pengenalan (Recognition), Representasi (Representation), dan Abstraksi Struktural (Structural Abstraction). Hasil penelitiannya yakni diukur dari indikator kemampuan abstraksi matematis diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mampu dalam hal pengenalan (recognition) yakni belum mampu mengingat kembali permasalahan yang sedang dihadapinya.Kata-kata kunci: bakat numerik, kemampuan numerik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...