Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dilihat dari kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan soal materi Peluang. Indikator Penalaran Matematis yang digunakan ialah Indikator Penalaran Matematis yang disebutkan oleh Agustin yang terdiri dari tiga indikator yaitu melakukan proses pengamatan dan identifikasi menggunakan hubungan matematis, mengembangkan bukti dari berbagai argument matematis, dan menarik kesimpulan berdasarkan alasan yang logis. Metode yang digunakan pada penelititian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 siswa kelas VIII SMP. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal tes uraian sebanyak satu soal dan melakukan wawancara kepada masing-masing subjek. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Ada 3 tahapan untuk menganalisis data yaitu dengan mengumpulkan hasil tes kemampuan, dan hasil wawancara. kemudian menyederhanakan pengumpulan data yang diperoleh, yang selanjutnya membuat kesimpulan data agar mendapat hasil kesimpulan yang akurat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari ke 4 siswa hanya 2 siswa yang memahami sekurang kurangnya 2 dari 3 indikator kemampuan penalaran matematis yang hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis pada materi peluang berdasarkan kemampuan awal masih tergolong rendah dikarenakan siswa memiliki kemampuan awal yang rendahKata-kata kunci: Kemampuan awal siswa, Kemampuan Penalaran Matematis, Peluang.
Copyrights © 2021