Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS NARATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

Rhosalia, Lulu Anggi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2016

Abstract

AbstrakTujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis naratif siswa kelas V sekolah dasar negeri di Kecamatan Gayungan Surabaya. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan kelancaran berpikir dalam menulis naratif siswa, mendeskripsikan keluwesan berpikir dalam menulis naratif siswa, dan mendeskripsikan keaslian berpikir dalam menulis naratif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54 dari 97 siswa kelas V SDN di Kecamatan Gayungan Surabaya yang dijadikan sampel penelitian sudah dapat dinyatakan memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menulis naratif. Secara rinci ada 6% atau 6 siswa dikategorikan sangat kreatif, 51% atau 49 siswa dikategorikan kreatif, 4% atau 4 siswa dikategorikan cukup kreatif, 26% atau 25 siswa dikategorikan kurang kreatif, dan 13% atau 13 siswa dikategorikan tidak kreatif.Tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam menulis naratif tersebut ditentukan oleh tiga indikator yang meliputi kelancaran, keluwesan, dan keaslian. Secara rinci 81 dari 97 siswa sudah memenuhi indikator kelancaran berpikir dalam menulis naratif. Ada 56 siswa yang dapat dinyatakan memenuhi indikator keluwesan berpikir dalam menulis naratif. Hanya ada 6 siswa yang dapat dinyatakan memenuhi indikator keaslian. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Menulis Naratif, Kelancaran, Keluwesan, Keaslian

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...