Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran Question Students Have (QSH) yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPN 2 Karangploso Satu Atap. Prosedur pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah strategi pembelajaran Question Studen Have (QSH) yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika adalah: (1) guru membagikan LKK kepada masing-masing kelompok, (2) guru menyampaikan materi pembelajaran, (3) guru memberikan potongan kertas kepada masing-masing siswa, (4) siswa menuliskan pertanyaan pada potongan kertas, (5) siswa membacakan pertanyaan sampai pertanyaan pada potongan kertas masing-masing siswa terbaca semua, dan (6) guru dan siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata hasil tes siswa pada tindakan I mencapai 70,26 dengan persentase ketuntasan 66,6%. Sedangkan pada tindakan II, nilai rata-rata hasil tes siswa mencapai 82,65 dengan persentase ketuntasan 91,6%. Hasil aktivitas siswa pada tindakan I pertemuan 1 mendapat persentase 77,27% dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase 78,12%. Pada tindakan II, hasil aktivitas siswa pada pertemuan 1 mendapat persentase 81,81% dan hasil aktivitas siswa pada pertemuan 2 mendapat persentase 86,66%. Jadi disimpulkan bahwa penerapan strategi Question Students Have (QSH) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2020