Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 2 No. 4 (2020): Desember

PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN KONEKSI JARINGAN

Roni Wibowo (Universitas Merdeka Pasuruan)
Rudi Hariyanto (Universitas Merdeka Pasuruan)
Anang Aris Widodo (Universitas Merdeka Pasuruan)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Penggunaan teknologi saat ini sudah mampu memvisualisasikan sebuah tindakan di kehidupan nyata menjadi sebuah objek dalam sebuah aplikasi. Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual yang bersifat interaktif dan realtime. Pengembangan Augmented Reality sebagai media pembelajaran pun juga sedang berkembang. Namun pada saat ini materi pembelajaran tentang teknik informasi dan komunikasi telah dihapuskan dari kurikulum pembelajaran siswa, hal ini sangat mempengaruhi kebutuhan siswa tentang komputer dan jaringan. Siswa yang terlanjur mengetahui informasi dasar mengenai jaringan pun tidak bisa mempraktikkan langsung ilmunya dan mengkoneksikan koneksi jaringan. Dari permasalahan tersebut terbentuklah sebuah media pembelajaran koneksi jaringan yang berjudul “Penerapan AR Sebagai Pembelajaran Koneksi Jaringan” yang berguna untuk menampilkan objek 2 dimensi menjadi objek 3 dimensi serta koneksi dalam mengatur jaringan komputer dan tes koneksi jaringan komputer.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...